SISTEM PENILAIAN KUIS ONLINE ESSAY MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY

ANDRI WINANDA and HARVINE KONGA and MUHAMMAD HABIB (2020) SISTEM PENILAIAN KUIS ONLINE ESSAY MENGGUNAKAN ALGORITMA COSINE SIMILARITY. Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

E-learning merupakan pendidikan formal berbasis lembaga, dimana kelompok belajarnya terpisah dan menggunakan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan pelajar, sumber belajar, dan instruktur. Tetapi permasalahan utamanya adalah, sebagian besar sistem e-learning dapat mengoreksi jawaban kuis secara otomatis, namun hanya sebatas bentuk pilihan berganda dan jenis-jenis soal yang sifatnya mencocokkan jawaban dan tidak dapat mengoreksi jawaban kuis yang berbentuk essay. Oleh karena itu, dalam Tugas Akhir ini menggunakan algoritma Cosine Similarity untuk mengatasi permasalahan dalam hal penilaian kuis essay. Untuk mendukung tingkat akurasi nilai perbandingan antara kunci jawaban dan jawaban siswa, maka digunakan tahapan pendukung lainnya seperti tokenizing, case folding, stopword removal, stemming, dan mapping. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan penilaian kuis online essay menggunakan algoritma Cosine Similarity secara cepat dan otomatis dengan persentase rata-rata keakuratan sebesar 82,51% dari penilaian jawaban essay yang dilakukan secara manual.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:13
Last Modified: 07 Feb 2023 08:13
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item
View Item