PEMBANGUNAN APLIKASI POINT OF SALE TOKO KUE (STUDI KASUS: XIANG PASTRY)

JOVANTO JOELAI (2022) PEMBANGUNAN APLIKASI POINT OF SALE TOKO KUE (STUDI KASUS: XIANG PASTRY). Undergraduate (S-1) thesis, Universitas Mikroskil.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[thumbnail of BAGIAN AKHIR.pdf] Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (940kB)

Abstract

Xiang Pastry merupakan usaha yang menjual berbagai jenis kue di toko. Kesehariannya Xiang Pastry melayani pesanan kue dari pelanggan baik yang dine-in (makan di tempat) ataupun yang take away (membeli pulang). Saat ini, sistem berjalan yang digunakan Xiang Pastry masih memiliki banyak kekurangan khususnya pada sistem transaksi penjualannya, dimana seluruh transaksi penjualan hanya ditulis ke dalam sebuah buku laporan penjualan. Selain itu, bon pembayaran juga dicatat secara konvensional pada sebuah bon penjualan yang dibeli di toko terdekat. Cara konvensional yang digunakan saat ini dapat menimbulkan banyak masalah sehingga perlu dicari solusi untuk penyelesaiannya. Point of Sale (POS) berbasis web dapat dijadikan solusi untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi toko kue Xiang Pastry. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah aplikasi Point of Sale (POS) yang dapat menyelesaikan permasalahan pada sistem berjalan yang digunakan Xiang Pastry pada saat ini khususnya pada proses penjualan, persediaan hingga pembayaran. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah Waterfall Model dan pengujian yang digunakan pada penelitian ini adalah pengujian Black Box Testing. Berdasarkan hasil pengujian Black Box Testing dapat disimpulkan bahwa seluruh fitur pada aplikasi Point of Sale (POS) yang dibangun untuk toko kue Xiang Pastry berjalan dengan baik dan sesuai. Selain itu, berdasarkan hasil pengolahan kuesioner yang disebarkan didapatkan rata hasil persentase nilai didapatkan 85,17%. Jika disesuaikan dengan range persentase nilai dapat dikatakan bahwa responden sangat setuju bahwa aplikasi POS yang diimplementasikan pada toko kue Xiang Pastry dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi toko tersebut.

Item Type: Tugas Akhir / Tesis (Undergraduate (S-1))
Subjects: Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Informatika > Program Studi S-1 Teknik Informatika
Depositing User: Adi Kurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:25
Last Modified: 15 Dec 2022 05:17
URI: https://repository.mikroskil.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item